Sabtu, 07 April 2018

7 Tips Menjadi Reseller Yang Dipercaya Konsumen


Ketika Anda lebih memilih menjadi seorang reseller, Anda tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk memproduksi sekaligus mempromosikan barang. Anda hanya perlu bekerjasama dengan perusahaan yang tepat untuk menjadi reseller yang dipercaya konsumen. Berikut adalah beberapa tips menjadi reseller yang baik.

1.Bekerjasama dengan supplier profesional
Ketika Anda ingin mendapatkan pelanggan yang senang dengan kualitas barang yang Anda jual, pastikan Anda bekerjasama dengan supplier yang profesional. Umumnya karakter supplier yang profesional antara lain:
  • Memiliki katalog produk yang jelas dan tahu kebutuhan konsumen
  • Memiliki unit pengantaran dan customer service yang profesional agar para reseller bisa mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
  • Lokasi kantor yang tetap dan pasti, sehingga saat ada komplain produk atau masalah apapun, reseller bisa mendapat bantuan dari kantor supplier.
  • Memiliki sistem kerjasama yang pasti dan tidak merugikan reseller.
  • Memiliki varian produk yang berkualitas tinggi.
2. Beri “harga ramah” konsumen
Ketika Anda berminat menjadi reseller sebuah produk, pastikan dulu harga produk yang akan Anda berikan ke konsumen dan lakukan survey tentang barang yang serupa.

Usahakan barang yang dijual memiliki harga yang lebih murah dibandingkan barang serupa dengan kualitas hampir sama. Dengan cara ini, konsumen akan lebih berminat pada produk Anda dan jika pelayanan yang diberikan optimal, konsumen akan semakin bertambah.

3. Disiplin dan konsisten
Jika Anda ingin berperan sebagai reseller yang sukses, pastikan Anda selalu disiplin dan konsisten. Dengan menjadi seseorang yang disiplin serta konsisten, kepercayaan konsumen pada Anda akan semakin meningkat. Sebagai contoh, Anda bergabung sebagai supplier produk kecantikan, Anda sudah menjanjikan produk akan sampai ke konsumen Senin pagi setelah dikirim Jumat siang.

Oleh karena itu, waktu pengiriman harus benar-benar ditepati apabila Anda tidak ingin konsumen berpindah ke reseller lain.

4. Beri pelayanan maksimal
Jika Anda ingin menjadi seorang reseller yang handal dan dipercaya oleh konsumen. Pastikan Anda memberi pelayanan yang maksimal. Pelayanan ini bisa dalam bentuk ketersediaan varian produk yang sesuai dengan penawaran awal, perubahan harga yang tidak mendadak, dan perubahan lainnya.

5. Tahu jenis barang yang mudah laku
Saat Anda masih seorang reseller pemula, pastikan Anda tahu jenis barang yang mudah laku di mata konsumen sasaran Anda. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan survey tentang kebutuhan konsumen maupun jenis produk yang banyak digemari beragam kalangan.

Saat Anda tahu pasti bahwa barang yang Anda jual termasuk barang yang mudah laku, Anda tidak perlu khawatir stok barang akan menumpuk ditempat Anda.

6. Pintar memilih varian produk
Sebagai seorang reseller, pintar-pintarlah memilih varian produk yang dijual, baik desain model, ukuran, jenis, rasa, maupun kriteria lainnya.

Dengan memilih varian yang banyak disukai konsumen, barang yang Anda tawarkan akan lebih laku di pasaran dan Anda tidak perlu khawatir akan kerugian yangg mungkin ditanggung dikemudian hari.

7. Maksimalkan penggunaan sosial media
Jika Anda ingin mempromosikan barang reseller tanpa mengeluarkan banyak biaya, gunakan sosial media semaksimal mungkin. Anda bisa menggunakan facebook, instagram, twitter, atau media sosial lainnya untuk mempopulerkan barang yang dijual. Namun demikian, pastikan akun yang Anda buat adalah akun resmi yang menampilkan simbol produk agar konsumen lebih percaya pada Anda.

Semoga beragam tips menjadi reseller diatas, membantu Anda menjadi seorang reseller yang sukses dan dipercaya oleh konsumen dalam beragam kalangan.


EmoticonEmoticon