Selasa, 07 November 2017

Memanfaatkan Insta Story Untuk Meningkatkan Penjualan

Sekarang ini, hanya dengan modal akun Instagram, online shop bisa meraih omzet hingga jutaan rupiah. Apalagi ada fitur baru Instagram, yakni Insta Story yang bisa membantu seller untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Biasanya, konsumen memang cenderung mencari online shop yang memberi pelayanan terbaik, selalu merespon komentar atau pesan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Adanya fitur Instagram tersebut sangat membantu seller untuk memahami keinginan konsumen.

Jadi, Insta Story sendiri merupakan fitur berbagi foto dan video di Instagram, tapi akan hilang setelah 24 jam. Konten yang diupload tidak masuk ke dalam galeri Instagram dan tidak bisa diberi ‘like’ maupun komentar, namun pengguna bisa mengirim pesan pada pengunggah yang otomatis akan masuk ke folder inbox.

Memanfaatkan Fitur Insta Story Untuk Meningkatkan Penjualan

Insta Story bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen dan mengembangkan bisnis Anda. Berikut cara paling efektif untuk memanfaatkan fitur Insta Story:

1. Mengunggah Konten Teaser

Anda dapat mengajak followers untuk mengetahui apa yang terjadi di balik layar dengan mengunggah video behind the scene atau teaser. Misalnya, video pembuatan dan pengepakan produk, perkenalan tim serta sneak peek (rencana yang akan datang). Konten-konten semacam ini tak hanya mampu menciptakan hubungan baik dengan calon konsumen, tapi juga bisa membangun buzz untuk online shop atau perusahaan Anda.

2. Meningkatkan Traffic dan Membangun Awareness

Insta Story bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mengingatkan followers, bahwa Anda hendak mengadakan sesuatu yang seru, seperti sesi Facebook Live Video atau webinar. Dengan demikian, mereka dapat berpartisipasi, bahkan mengikuti saluran media sosial Anda yang lain. Kesempatan menarik ini sayang bila dilewatkan.
Akan tetapi, target audience harus benar-benar disesuaikan sebelum iklan tersebut dijalankan. Jangan lupa untuk memilih foto atau video yang menarik disertai logo dan merek yang mencolok supaya mereka menyadari keberadaannya.

3. Meningkatkan Followers Instagram

Jika Anda mempunyai promo terbaru dan ingin supaya calon konsumen mengetahuinya, gunakanlah Insta Story. Semua orang pasti menyukai promo, jadi mengumumkannya di fitur Instagram tersebut bisa menjadi cara terbaik untuk menarik banyak pengguna dengan cepat. Bagikan konten-konten eksklusif yang mampu membuat audience menaruh perhatian pada iklan. Misalnya, Anda sedang menawarkan diskon, maka tonjolkanlah kalimat diskon tersebut.

4. Memanfaatkan User Generated Content

User Generated Content atau UGC merupakan konten yang dihasilkan oleh audience. Maksudnya, seperti review konsumen, testimoni, konten komunitas dan sebagainya. Cara memanfaatkan USG ini bisa dengan membuat kampanye konten sosial, kemudian konsumen diminta untuk membagikan foto konten tersebut ke media sosial mereka. Berdasarkan pengalaman merek-merek terkenal, cara ini mampu meningkatkan penjualan hingga 2%.
Sebagai media beriklan, Insta Story memang tergolong murah, apalagi mempunyai berbagai fungsi dan tujuan serta jangkauan yang luas. Insta Story bisa meningkatkan penjualan dan omzet online shop Anda bila dimanfaatkan dengan benar.


EmoticonEmoticon